Agung Hapsah


2017 siapa sih yang nggak kenal anak yang satu ini. Ya, Agung Hapsah, seorang Youtuber asal Kalimantan ini belakangan menjadi perbincangan anak muda karena konten video youtube-nya yang bagus dan juga inspiratif. Agung Hapsah memang terkenal akan editing skill video-nya. Karena disetiap video yang ia upload selalu memberikan sentuhan editing yang enak untuk dilihat mata. Agung memang suka sekali dengan film, dan memang bercita-cita ingin menjadi film maker.

Di sini gue mau bahas sedikit soal gimana sih tiba-tiba si Agung ini bisa terkenal. Gue akan mulai dulu dari bagaimana pertama kali gue ketemu channel Youtubenya.

Sekitar 2 tahun yang lalu, gue lagi getol-getolnya sama yang namanya belajar photografi dan videografi. Walaupun tau gue nggak punya kamera, tapi nggak ada salahnya untuk belajar. Minimal bisa paham dasar-dasarnya dulu. Ketika lagi asyik berseluncur di YouTube, gue pun menemukan sebuah video tutorial dan tips-tips tentang photografi. Akhirnya gue tontonlah video tersebut. Dan cukup kaget karena yang membawakan videonya ternyata seorang anak yang keliatannya masih muda banget. Tapi gue salut dengan pembawaan dia dalam menyampaikan isi kontennya. Tutorial dan tips-tips yang ada juga sangat bermanfaat buat gue kala itu.

Tanpa mikir lama gue langsung nge-subscribe channel youtube-nya yang waktu itu seinget gue subscribernya belum sampe 5000an. Terbilang sangat kecil untuk ukuran channel yang punya konten sebagus ini. Dan kurang lebih setahun berlanjur. Agung semakin sering bikin video pendek di Youtube-nya. Sempet juga ngebuat beberapa video yang menarik perhatian banyak orang seperti video ngereview film pendeknya Deddy Corbuzier. Dan yang paling gue inget adalah waktu itu, pas gue lagi main Twitter. Ada satu tweet dari Bang Alit alias @shitlicious yang bilang (kurang lebih begini) kalau...

"Indonesia harus tau kalau di pelosok Kalimantan ada seorang anak yang sangat berbakat yang bisa bikin video dan film pendek sebagus ini".

Dan akhirnya beberapa YouTuber lain mulai nge-notice keberadaan Agung ini. Dari situlah mulai banyak tawaran buat Agung Hapsah untuk collab bareng Youtuber lain, tapi sayangnya proses tersebut agak terhambat karena jarak Kalimantan ke Jakarta itu cukup jauh. Agung harus naik mobil, kapal, dan pesawat untuk nyampe ke Jakarta dari rumahnya di Kalimantan Timur.

Salah satu collab video yang ngebikin nama Agung Hapsah makin terkenal itu waktu collab bareng Chandraliow dan Reza Oktovian. Dan yah, di tahun 2017 ini Agung udah lulus SMA dan dia memutuskan untuk pindah ke Jakarta buat mengejar mimpinya menjadi seorang film maker. Dan ngomong-ngomong, Axeindonesia baru aja ngebuat video documentary Agung Hapsah yang bisa kalian lihat videonya di sini.


Well, setelah menonton video ini gue ngerasa kalau gue juga punya kesempatan yang sama untuk sukses seperti Agung. Walaupun gue masih belum bisa memutuskan gue mau jadi apa 'setelah ini' tapi jauh di lubuk hati gue, sebenernya gue ada interest dengan dunia film, terutama yang berhubungan dengan kamera. Kalaupun iya gue harus mengejar hal itu, hal pertama yang harus gue lakuin mungkin gue harus menabung dulu biar bisa membeli kamera. Karena kalau nggak punya kamera gue nggak akan pernah bisa berkembang dan belajar soal videografi. Gue memang masih bingung, tapi mungkin gue akan menemukan jawabannya nanti.

Gung, you really inspired me. Maybe one day I can reach you.

No comments

Oceeenn. Powered by Blogger.